Pesawat dilarang Lewati 10 Tempat Istimewa Ini

foto: internet

Treat- Pesawat merupakan mode transportasi yang paling canggih saat ini. Ditemukan oleh Wright Bersaudara pada tahun 1903 yang kemudian dijadikan acuan untuk pesawat terbang hingga saat ini. Pesawat juga memegang banyak andil untuk Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Terhitung sejak saat itulah, pesawat mulai digunakan secara komersial hingga saat ini.

Namun ada beberapa larangan yang harus dipatuhi oleh maskapai penerbangang, di antaranya adalah melewati tempat-tempat tertentu. Nah Treatpeople, tempat apa saja sih yang selama ini dilarang untuk dilalui pesawat? Yuk kita cari tahu.

1. Kakbah, Mekkah

Ternyata pesawat memang tidak boleh terbang di area Kakbah. Hal ini adalah peraturan dari pemerintah Arab Saudi. Selain itu, medan gravitasi di atas Kakbah juga dikatakan cukup kuat sehingga pesawat tidak dapat terbang terlalu tinggi dan ini dapat membahayakan para jemaah.

2. Kutub Utara

Kutub Utara memiliki medan geomagnetik. Kompas tidak akan berfungsi di daerah ini. Hal itu juga berlaku sama untuk sistem navigasi pesawat. Pesawat yang terbang di area ini akan terganggu sistem navigasinya karena medan magnet yang sangat kuat dan sering berubah-ubah.

3. Machu Pichu

Machu Pichu adalah daerah bersejarah yang mengungkap banyak peradaban manusia pada masanya. Oleh karena itu Machu Pichu dianggap sebagai kawasan sejarah yang berharga dan dilarang untuk dilalui pesawat. Pemerinta Peru memutuskan untuk melindungi wilayah ini dari kemungkinan buruk yang terjadi pada tahun 2006 lalu.

4. Buckingham Palace

Pesawat tidak dapat terbang langsung di atas Buckingham Palace dan Windsor Castle karena alasan keamanan. Selain itu Kawasan Downing Street dan House of Parliament Inggris juga memiliki larangan terbang langsung di atas wilayahnya.

5. Pegununang Himalaya

Sangat logis jika pesawat dilarang untuk terbang di atas pegunungan ini. Puncak tertinggi yang mencapai 8.848 meter sebenarnya bisa saja diterbangi oleh pesawat. Namun jika pilot dihadapkan dengan kondisi darurat maka akan sulit bagi pilot untuk menurunkan ketinggian pesawat menjadi 3.000 kaki karena ini adalah tinggi rata-rata pegunungan himalaya yang membuat pilot harus berbelok-belok untuk menghindar dari puncak-puncak bukit.

6. Disneyland dan Disney World

Siapa yang tidak berkeinginan untuk pergi ke surga bermain yang satu ini. Karena banyaknya pengunjung yang mendatangi Disneyland dan Disney World, membuat pihak Disney menjadikan kawasan ini sebagai No Fly Zone untuk menghindari kemungkinan buruk yang membahayakan pengunjung mereka.

7. Antartika

Daratan es yang berada di ujung selatan bumi ini memiliki cuaca yang sangat ekstrem. Kabut tebal, salju yang terlalu dingin serta lapisan es yang tidak memungkinkan bagi para pilot untuk mendaratkan pesawatnya menjadikan Antartika menjadi slaah satu zona yang dilarang untuk dilintasi pesawat.

8. Merrit Island, Florida

Wilayah yang terletak di Amerika Serikat ini dilarang dilintasi pesawat. Pesawat dilarang melintasi wilayah ini sejauh 5000 kaki di atasnya. Merrit Island merupakan markas Kennedy Space Center milik Nasa. Jadi, jika saat peluncuran roket, tak ada pemberitahuan sebelumnya. Dan itu mengancam penerbangan biasa.

9. Budapest, Hungaria

Sama halnya dengam Machu Pichu yang dijaga nilai sejarahnya, pemerintah Hungaria juga memberlakukan hal yang sama pada BUdapest. Pesawat tidak diizinkan untuk terbang di atas kota kuno Pest dan Buda Hills. Daerah-daerah Budapest ini mencakup Hungarian Parliament Building, Buda Castle, dan St. Stephen’s Basilica.

10. Pabrik Nuklir Pantex, Texas

Jika temapat yang satu ini dilarang karena memang sangat berdampak besar bagi kehidupan banyak umat manusia. Pantex Plant merupakan daerah yang digunakan sebagai tempat untuk mengamankan berbagai jenis produk Nuklir Amerika Serikat sehingga akan sangat mematikan jika sesuatu yang buruk terjadi ditempat ini. Itulah mengapa pesawat dilarang untuk terbang di atas wilayah ini.

Rekomendasi