7 Etika Saat Menghubungi Dosen

Foto: Internet

Sering bingung memulai percakapan dengan dosen? Tak jarang mahasiswa yang menghubungi dosen dengan cara yang dinilai tidak sopan. Akibatnya tentu terhadap hasil perkuliahan kita ya treatpeople.

Mungkin kamu perlu sedikit tips agar bisa bekomunikasi dengan baik. Nah, kamu bisa mengikuti etika saat menghubungi dosen.

1. Tidak memasang foto yang alay

Jika kamu menghubungi dosen melalui media sosial atau via Whatsapp, jangan pasang foto kamu yang terkesan alay. Pasang foto kamu yang jelas dan tulis nama panjangmu yang jelas.

2. Ucapkan salam

Mengucapkan salam adalah hal terpenting saat kamu berusaha menghubungi dosen. Bahkan kepada siapapun kamu akan dinilai beretika jika mengucapkan salam terlebih dahulu. Ucapan seperti “Selamat pagi pak/buk” atau jika beragama islam,ucapkan “Assalamualaikum” terlebih dahulu.

3. Perkenalkan diri

Setelah mengucapkan salam pembuka, perkenalkan diri kamu dengan jelas seperti nama, jurusan kamu, atau angkatan. Jadi ketika dibaca, sudah tau siapa kamu dan apa hubunganmu dengan dosen tersebut.

4. Langsung keintinya

Tulis langsung tujuan kamu, jangan terlalu banyak basa-basi yang tidak penting sehingga dosen malas membacanya. Langsung sampaikan maksud kamu dengan jelas.

5. Jangan spam

Hal ini yang seharusnya tidak kamu lakukan. Kamu harus menunggu dengan sabar hingga pesanmu dibalas. Jangan mendesak atau mengirimkan spam agar dosen membalas dengan cepat, Ini sangat salah ya, treatpeople.

6. Jangan menggunakan banyak emoji

Jangan menggunakan atau memberitahu hal yang tidak penting pada pesanmu. Yang kamu hubungi adalah dosen bukan teman atau gebetan. Jadi buatlah kesan yang sedikit formal.

7. Terimakasih dan salam penutup.

Ucapkan terimakasih diujung kalimat kamu. Hal ini memberikan kesan kamu terlihat sopan. Atau ketika dosen sudah membalas dan mengemukaan pendapat ucapkan terimakasih agar dosenmu merasa pendapatnya dihargai.

Selamat mencoba tips ini ya treatpeople. Namun hal terpenting adalah jangan menghubungi dosen tengah malam atau di jam istirahat ya.

Rekomendasi