Trauma di Masa Lalu Masih Membekas ? Jangan Dipaksa !

Foto : Kompasiana

TREAT – Apa kamu pernah mengalami trauma di masa lalu? Apa kamu masih mengingatnya hingga kini? Apa kamu menjadi takut untuk melakukan hal-hal yang berkaitan dengan kejadian waktu itu? Apa hal tersebut adalah ingatan yang ingin kamu lupakan, namun tidak bisa karena terlalu membekas?

Mungkin tidak semua orang yang mengalami hal tersebut atau mengingatnya secara sempurna sebagai suatu trauma masa lalu. Namun, kebanyakan dari kita pasti memilikinya hingga membuat kita menjadi lebih waspada karena tidak ingin mengulangi kejadian buruk tersebut lagi.

Karena efek dari trauma ini tidaklah main-main. Mulai dari rasa takut, gelisah, stress, bahkan dapat menimbulkan penyakit baik secara fisik maupun psikis.

Memang untuk menyembuhkannya butuh waktu yang tidak sebentar. Ada banyak tahapan hingga membuat kita menganggapnya sebagai kejadian biasa-biasa saja. Mulai dari tahapan memaksa untuk melupakan, menghindari, hingga menerima, sampai pada tahap dapat mengambil hikmah pelajarannya dari kejadian tersebut.

Kita tidak pernah tahu orang yang sedang berbicara dengan kita atau di dekat kita pernah mengalami kejadian mengerikan seperti apa. Oleh karena itu, jangan pernah memaksa siapapun untuk mencoba atau melakukan sesuatu setelah dia mengatakan bahwa dia ‘sangat tidak mau’ atau ‘tidak bisa melakukannya’.

Kita harus bisa memahami, mencari tahu,  dan memaklumi hal tersebut. Sebab pasti ada alasan di balik penolakan atau ketidak beranian itu.  Semoag kita menjadi teman yang bisa saling memahami dan menyembuhkan trauma masa lalu mereka.

Rekomendasi