Happy Eid Al Adha – Serba Serbi Perayaan Hari Raya Qurban di Berbagai Negara

Serba Serbi Perayaan Idul Adha Di Berbagai Negara, foto: Internet

TREAT – Pada hari ini tepatnya tanggal 20 Juli 2021, seluruh umat islam di berbagai Negara tengah merayakan Idul Adha 1442 H. Perayaan Idul Adha sendiri identic dengan adanya penyembelihan hewan kurban seperti sapi, kambing ataupun domba.

Di Indonesia, perayaan Idul Adha dimulai dengan melaksanakan salat Ied, kemudian pelaksanaan sembelih hewan kurban, serta dilanjutkan dengan memasak dan makan bersama daging hasil kurban.

Hewan qurban diperiksa untuk disemblih. Foto: Internet

Tau gak Treatpeople, ternyata perayaan Idul Adha di berbagai Negara tidaklah sama. Mereka biasanya memiliki kebiasaan unik yang tampaknya sangat jarang ditemui di Indonesia. Penasaran apa saja kebiasaan unik pelaksanaan Idul Adha di berbagai Negara? Simak selanjutnya Treatpeople.

Uni Emirat Arab

Foto: Internet

Saat melaksanakan Idul Adha warga Uni emirat Arab akan mengenakan pakaian baru yang tampak bagus dan mengenakan wewangian. Biasanya para wanita akan mengecat rambut mereka, mereka juga akan menghias tangan menggunakan henna. Sebagian besar tuan rumah di negara tersebut akan menawarkan permen, kurma, buah, kopi, dan teh untuk tamu yang datang bersilaturahmi. Sama seperti negara lainnya, negara ini juga memiliki tradisi pemotongan hewan kurban berupa domba, kambing, atau sapi yang dilakukan bersama dengan tetangga atau anggota keluarga besar. Kemudian daging kurban itu juga dibagikan kepada keluarga, teman, dan masyarakat yang membutuhkan.

Turki

Foto: Internet

Berbeda dengan Arab yang para wanita dan anak anak perempuan akan mengenakan henna, di Turki hewan kurbanlah yang diberikan henna, hewan kurban ini akan di dandani dengan warna warni henna. Hewan kurban juga nanti akan dihiasi dengan berbagai pita agar terlihat lebih cantik.

Maroko

Foto Internet

Umat Islam di Maroko akan menyembelih domba sebagai hewan kurban dan kemudian diolah untuk membuat masakan tradisional khas negara tersebut. Mereka memasak daging dari seluruh bagian domba.

Di hari pertama Idul Adha, perut dan hati domba panggang menjadi sajian favorit bagi kebanyakan orang Maroko. Malam harinya, biasanya mereka menyajikan hidangan berupa kepala atau daging bahu domba dengan berbagai berbagai jenis sayuran. Hidangan ini disantap bersama couscous, yakni makanan utama bagi masyarakat Afrika Utara yang terbuat dari beras.

Inggris

Pada Idul Adha, umat Islam di Inggris biasanya memulai hari dengan mandi. Mereka kemudian mengenakan pakaian terbaik dan datang ke tempat salat di luar ruangan atau masjid setempat. Setelah itu, menjadi kebiasaan mereka untuk saling berpelukan dan saling mendoakan, memberikan hadiah kepada anak-anak, dan mengunjungi teman dan kerabat. Perayaan diakhiri dengan mengunjungi pasar malam atau festival yang sengaja diadakan di beberapa kota di Inggris.

Beberapa masjid juga mengadakan hari belajar atau ceramah tentang aspek-aspek Islam dan sejarah Islam.

Ternyata banyak juga perayaan unik di hari raya idul Adha ya Treatpeople. Semoga bermanfaat

Rekomendasi