Ini Alasan Kenapa Self Love Sangat Penting !

TREAT Salah satu aspek penting dari kesehatan mental yaitu self love, Self-love artinya mencintai diri sendiri tetapi bukan berarti memenuhi diri dengan segala keinginan. Self-love mengharuskan Anda untuk memperlakukan dan menerima diri sendiri dengan baik dan apa adanya.

Self-love atau cinta diri merupakan perasaan percaya, percaya diri, serta bangga terhadap diri dan kemampuan sendiri. Self love bisa jadi sulit dilakukan karena ada perasaan kita tidak cukup baik atau perasaan bersalah saat mengutamakan kebutuhan pribadi.

Pentingnya Menerapkan Self-Love untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Self-love juga dapat memberikan rasa tenang kepada seseorang ketika menjalani hidup. Bahkan, saat mampu menerapkan sikap self-love dengan baik, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan agar kesehatan mental dan juga fisik tetap terjaga, antara lain:

1. Merasakan Kepuasan Hidup

Penerapan self-love mampu membuat lebih mampu menerima segala kekurangan dan kelebihan diri. Sikap menerima diri dengan apa adanya ini termasuk dalam hal menerima seluruh kondisi hidup, suka ataupun duka, dan mampu lebih bertanggung jawab terhadap tindakan apapun yang dilakukan.

2. Membiasakan Diri Untuk Hidup Sehat

Self-love dapat memunculkan keinginan untuk bisa memberikan segala hal yang terbaik terhadap diri sendiri.

3. Mendorong Sikap Percaya Diri atau Self-Esteem

Self-esteem atau kepercayaan diri merupakan bagaimana cara seseorang melihat dan menerima kondisi dirinya sendiri, termasuk dalam hal meningkatkan rasa percaya diri. Saat mampu mengelola self-love dengan lebih baik, self-esteem seseorang secara otomatis akan turut meningkat.

4. Menurunkan Risiko Terserang Gangguan Mental

Orang dengan self-love dan self-esteem rendah lebih rentan terserang penyakit mental. Sebagai contoh, gangguan cemas, depresi, serta eating disorder seperti, bulimia dan anoreksia. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk mampu menerima serta mencintai diri sendiri agar kondisi mental mampu menjadi lebih sehat.

Itulah beberapa alasan kenapa kita harus bersyukur dan self love yaa. Semoga membantu !

 

Topik: