Marak Diperbincangkan, Apa Itu Bank Digital?

Foto : Internet

TREAT – Digital bank mulai ramai diperbincangkan oleh masyakat.  Digital Bank pada umumnya menargetkan segmen nasabah yang mengutamakan kemudahan transaksi. Model ini banyak dipilih dikembangkan karena cenderung memiliki biaya operasional yang rendah dikarenakan tanpa alokasi kantor cabang dan dialihkan kepada pengembangan infrastruktur digital.

Bank dengan Layanan Digital Banking yaitu bank umum/konvensional yang dilengkapi dengan kemampuan seperti  Internet mulai dari on boarding nasabah sampai dengan transaksi pengelolaan investasi melalui digital channel, namun tetap mempunyai channel layanan fisik seperti ATM dan Cabang/Kantor Kas untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat setidaknya ada beberapa bank yang sedang mempersiapkan diri untuk menjadi bank digital.

Bank yang yang dalam proses go-digital, yaitu:

  1. Bank BCA Digital
  2. PT BRI Agroniaga Tbk
  3. PT Bank Neo Commerce Tbk
  4. PT Bank Capital Tbk
  5. PT Bank Harda Internasional Tbk
  6. PT Bank QNB Indonesia Tbk
  7. PT Bank KEB Hana

MNC Bank sudah izin digital on boarding

Dengan adanya izin digital on boarding dari OJK, nasabah MNC Bank (BABP) dapat membuka rekening simpanan di MNC Bank secara online (digital), tanpa perlu ke cabang. Dengan layanan pembukaan rekening secara digital, pertumbuhan MNC Bank tidak lagi bergantung pada kantor cabang fisik, sehingga layanan perbankan dapat diakses dimanapun dan kapanpun juga.