BRI Padang Ingatkan Tautan Palsu: Cegah Penipuan Online Sekarang!

Padang – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melalui Regional Office (RO) Padang memberikan peringatan kepada masyarakat terkait peningkatan penyebaran tautan palsu yang mengatasnamakan institusi resmi. Kamis (19/6/2025). Pihaknya menekankan agar masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap modus tersebut.

Di tengah masifnya adopsi layanan digital, pelaku kejahatan siber terus berinovasi dalam mencari celah untuk mengecoh nasabah. Salah satu taktik yang sering digunakan adalah pengiriman tautan mencurigakan melalui SMS, email, atau media sosial.

Tautan tersebut mengarahkan korban ke situs palsu yang didesain menyerupai halaman resmi perusahaan, dimana korban akan diminta mengisi data penting dan sensitif seperti user ID, PIN, OTP, password, atau informasi kartu bank. Apabila data tersebut diberikan, pelaku dapat mengakses rekening dan melakukan transaksi tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Regional CEO BRI Padang, Riza Pahlevi, menyampaikan bahwa keamanan adalah komponen vital dalam pengembangan layanan digital BRI.

Ia menjelaskan keamanan dan kenyamanan layanan digital adalah dua hal yang saling melengkapi. “Keamanan dan kenyamanan layanan digital merupakan dua hal yang saling melengkapi. Keduanya menjadi pondasi dalam menjaga dan membangun kepercayaan nasabah terhadap BRI,” ujarnya.

BRI mengimbau nasabah untuk mewaspadai pesan yang terlihat seperti informasi resmi dari suatu institusi namun berisi tautan jebakan. Selain itu, nasabah juga didorong untuk mengoptimalkan fitur keamanan yang disediakan. Fitur yang dimaksud seperti autentikasi biometrik, verifikasi dua langkah, pembaruan aplikasi berkala, serta notifikasi transaksi. Langkah-langkah tersebut dipandang penting, sebagai bagian dari kontrol mandiri nasabah dalam menjaga keamanan data dan transaksi mereka.

Riza Pahlevi menambahkan bahwa keberhasilan dalam menciptakan ekosistem digital yang aman bergantung pada kolaborasi erat antara BRI dan nasabah.

Ia menyebutkan perlindungan digital tidak hanya bergantung pada teknologi yang handal, tapi juga pada perilaku nasabah yang waspada dan bijak dalam menghadapi ancaman siber.

“Perlindungan digital tidak hanya bergantung pada teknologi yang handal, tetapi juga pada perilaku nasabah yang waspada dan bijak dalam menghadapi ancaman siber. Peran aktif nasabah sangat krusial untuk menjaga keamanan transaksi mereka,” tutupnya.

Masyarakat diimbau untuk mengakses informasi dan layanan hanya melalui situs resmi BRI di www.bri.co.id serta akun media sosial yang terverifikasi, seperti Instagram @bankbri_id, Facebook BANK BRI, Twitter/X @BANKBRI_ID, @promo_BRI, @kontakBRI, dan TikTok @bankbri_id. Untuk layanan maupun pengaduan, nasabah dapat menghubungi Contact BRI di 1500017 atau menggunakan layanan WhatsApp asisten virtual SABRINA di nomor 0812 1214 017.

Pihaknya juga mengingatkan untuk tidak memberikan data pribadi atau finansial kepada pihak yang tidak dikenal atau melalui tautan yang meragukan.

Rekomendasi