Ubah Mentalitas Dari Pecundang Menjadi Pemenang !

Menurut kamu, pecundang itu seperti apa sih? Sebelum kamu mengatakan dirimu atau orang lain pecundang. Kamu harus tau dulu arti pecundang sesungguhnya.


Eric Berne mengatakan seorang pecundang tak tahu apa yang akan dilakukannya bila kalah, tetapi selalu mengumbar apa yang akan dilakukannya bila menang. Sedangkan, pemenang tidak berbicara apa yang akan dilakukannya bila ia menang, tetapi tahu apa yang akan dilakukannya bila kalah. Berikut adalah 5 kalimat yang sering di lontarkan seorang pecundang.

  1. Saya mulai senin depan
    Mengulur-ulur waktu adalah sifat seorang pecundang, bagaimana tidak. Bila sekarang bisa, kenapa harus senin depan? Kenapa harus menunggu bila bisa menjemput.
  2. Itu bukan salah saya
    Seorang pecundang tidak akan pernah mau terlihat salah, dan di salahkan. Mereka akan selalu mencari pembenaran dan ketika sudah terjebak dia menggunakan senjata pamungkasnya : ” Setiap Manusia Pernah Berbuat Salah” duhduh. Jangan sampai begini yaa treatpeople, jika kita salah maka minta maaflah.
  3. Jangan, Saya tidak bisa
    Selalu mengatakan ‘saya tidak bisa’ juga merupakan kalimat si pecundang. Sekarang ayoo kita ganti menjadi ‘jika orang lain bisa, mengapa kita tidak?’
  4. Dunia tidak adil pada saya
    Aduh ini nih treatpeople, sampai alam semesta di salahkan. Jangan sampai mengeluarkan kalimat ini yaa treatpeople, jika merasa ‘kok orang berhasil saya engga’ jangan putus asa dulu, yang esa lagi lihat usaha kamu tuh ! Berjuang lagi dong !
  5. Saya sudah lelah
    Mengeluh adalah hal yang sering di lakukan seorang pecundang. Baru kerja satu hari udah bilang capek, baru kuliah semester empat udah mau nikah, baru coba 10 lamar pekerjaannya udah nyerah. Gaa banget nih, mentalnya lemah, apa-apa ngeluh. Kalau lelah, boleh istirahat, tapi jangan berhenti.
    Seperti kata Habibie, hidup itu seperti bermain sepeda kalau kita berhenti mengayuh, kita terjatuh.

Jangan sampai bilang seperti beberapa hal treatpeople!
Nah, itulah 5 kalimat yang sering di ucapkan seorang pecundang. Buat treatpeople jangan sampai bilang 5 kalimat di atas yaa?! Yuk sama-sama ubah mentalitas dari Pecundang Menjadi Pemenang. Thankyou for reading and always be healthy !

Cantika Riski Febiola

Rekomendasi